Apa itu SEO search engine optimization?

Apa itu SEO search engine optimization?

SEO menjadi begitu populer dalam strategi pemasaran online. Website dan pemasaran online tidak bisa lepas dari aktivitas ini. SEO kependekan dari Search Engine Opimization adalah suatu teknik yang diterapkan pada sebuah website atau alamat situs untuk mendapatkan posisi strategis dalam hasil pencarian di search engine/mesin pencari. Beberapa mesin pencari yang biasa digunakan diantaranya: Google, Bing, Yahoo search, Altavista, Ask, Yandex dan lainnya.

Apa itu SEO search engine optimization?

Sebelum masuk ke pembahasan lebih jauh, gambaran seo dapat saya deskripsikan sebagai berikut. Ibaratkan sebuah toko pakaian yang berada di pusat kota. Lokasi strategis yang selalu ramai pengunjung. Berada di lokasi strategis yang ramai tentu memiliki peluang penjualan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan toko yang berada di lokasi sepi. Untuk bisa berada di lokasi strategis tentu tidak mudah juga. Beberapa pengorbanan harus dilakukan, bahkan dengan biaya yang tidak sedikit.

Toko pakaian adalah alamat situs/url website anda. Jalur pusat kota adalah mesin pencari sebagai jembatan pencarian, pengunjungnya adalah traffic pada website. Menduduki posisi bagus di hasil pencarian seperti Google adalah tujuan dari aktivitas SEO. Sebuah situs yang diterapkan teknik seo akan mampu bersaing dengan situs lainnya untuk mendapatkan posisi strategis. Jika posisi strategis telah didapatkan maka traffic atau kunjungan ke situs anda akan lebih tinggi.

Teknik SEO tidak menjamin dalam peningkatan profit usaha. Namun penerapan teknik ini bermakna peningkatan traffic atau kunjungan akan terjadi pada situs anda. Logikanya semakin banyak pengunjung kemungkinan transaksi lebih tinggi. Transaksi tinggi, profitpun meningkat.

Apa itu SEO?

Adalah metode mengoptimasi website agar tampil dalam hasil pencarian sesuai kata kunci tertentu pada mesin pencari seperti Google. Metode ini lebih mengarah pada pemasaran online, yakni bagaimana sebuah situs/ website dirancang agar dikenal oleh khalayak luas melalui teknik tertentu.  Teknik ini dapat dikelompokan menjadi 2, yaitu Onpage dan Offpage.

Onpage adalah teknik optimasi website yang dilakukan dari internal website itu sendiri. Hal yang terkait dengan internal website. Seperti penggunaan meta tag, keyword, heading, meta title, code script website, kecepatan website, pilihan template, responsive dan sebagainya. Onpage adalah faktor internal dari suatu website untuk dapat dinyatakan layak oleh mesin pencari.

Offpage adalah teknik optimasi website yang dipengaruhi oleh faktor luar yang melibatkan website lain. Seperti backlink, comment, link exchange, sosial network link dan sebagainya. Salah satu tekniknya adalah dengan memperbanyak inbound link (link dari website lain yang mengarah ke website anda). Semakin berkualitas link yang mengarah ke website anda, semakin baik pula reputasi situs dimata mesin pencari.

Adapun cara lain dapat dilakukan dalam link building, diantaranya dengan membuat reciprocal link baik dengan derektori/social bookmark ataupun bertukar link dengan blog/website lain. Dapat juga dilakukan dengan mendaftarkan situs dan artikel ke social bookmark/direktori atau berkomentar di blog/website lain dengan meninggalkan link di form komentar. Namun harus dalam konteks yang relevan tentunya.

Demikianlah pemaparan singkat tentang search engine optimization semoga ilmunya bermanfaat dan bisa diterapkan. Dalam aktivitas SEO lebih disarankan agar menerapkan SEO website organik. apa itu SEO website organik? dan bagaimana strategi SEO yang baik diterapkan pada bisnis online.

Jika saat ini anda tengah membutuhkan jasa SEO, kami hadir dengan tawaran menarik untuk anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *